Uniknya Domba Kisar

marche1892

Jika anda berkunjung ke daerah Kisar suda pasti anda akan melihat binatang yang satu ini, para peternak sering mengembalakan ratusan ternak dombanya di padang rumput yang gersang. Binatang yang satu ini pada jaman dahulu sering digunakan dalam upacara penyembahan adat masyarakat Desa Oirata Barat sebagai bentuk ucapan syukur kepada sang pemberi berkat. Hewan ini merupakan salah satu hewan edemis di Kisar Oirata, ia mampu beradaptasi dengan lingkungan, kala musim kemarau hewan ini mampu memakan rerumputan kering dan juga kulit batang pohon. Daging domba kisar ini sangat lesat dan nikmat jika dibuatkan sate dan gulai. Harga satu ekor Domba biasanya dipasarkan dengan harga Rp 800.000 hingga Rp 1000.000.

Jika anda berkeinginan untuk melihat Uniknya Domba Kisar anda dapat mengunjungi Desa Oirata Barat dan anda akan di antarkan menuju lokasi pergembalaan domba kisar. Bila anda dari Ambon, bisa menggunakan pesawat terbang jenis Kaza dengan harga tiket mencapai lima ratus ribuh, sampai di Bandara John Baker anda bisa menggunakan jasa ojek sebesar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 untuk langsung menuju oirata, masyarakat Desa Oirata Barat yang begitu ramah bisa mengatarkan anda menuju lokasi pergembalaan domba. Anda juga dapat menginap di rumah masyarakat jika anda berkenan hidup dalam kesederhanaan. “onlynext Wedilen”

3 Comments

  1. hebat domba kiser harus dikembangkan terus untuk eksport ke malasia karena mungkin domba ini tahan terhadap jekeringan dan rumput yang specifik saya yakin dagingnya manis dan gurih atau munkin dapat dinuat daging kering atau sei atau dendeng dapat dikirim kekupang untuk dijual bukan saja jeruk kiser salam dari zet malelak kupang NTT

Tinggalkan Balasan