Keunikan Makanan Pokok Khas di Pulau Kisar

Nusantara adalah atap bagi kami berteduh menikmati segala titisan surga oleh Sang Khalik yang begitu sempurna dengan karakteristik kebudayaan, keramahtamahan dan keharmonisan persaudaraan, bahkan ciri khas yang alam berikan dari hasil laut, dan darat dibumi persada ini. Alam menyediakan segalanya sehingga makhluk yang bernafas boleh menikmati itu dengan makanan yang tak pernah berkekurangan.

Makanan merupakan hal yang paling disukai bagi setiap orang dan semua dihidangkan dengan karakter pengolahan yang sesuai dengan keinginan setiap penikmatinya. Bermacam makanan dari makanan cepat saji (fast food) bahkan dengan tahap proses dimasak yang membangkitkan selera setiap lidah untuk mengecap cita rasa surga makanan tersebut, hiingga sampai dijunjung keselarasan kenikmatannya seperti halnya yang sangat biasa kita nikmati dirumah makan atau lebih trennya lagi direstoran dengan menu yang beraneka ragam dari bahan dasar daging, buah – buahan dan sayuran.

Pulau Kisar memiliki karakter yang khas dalam mengolah makanan yakni setiap bahan dasarnya pasti ada saja memakai jagung yang merupakan makanan paling favorit di setiap meja makan masyarakat dinegeri berbatu karang yang berbatasan dengan Negara Timor Leste.

Jagung diolah dengan keinginan masing-masing masyarakat seperti Jagung rebus dicampur dengan kacang-kacangan (Kacang Kayu, Kacang Merah, Kacang Tanah), labu, dan daun kelor. Dan soal cita rasa tidak bisa dirangkaikan dengan kata-kata karena begitu nikmatnya membawa si penikmat makanan ini terbawa kenikmatan yang tak terbendung enaknya. Bahkan jagung dicampurkan dengan beras dan kacang merah menjadi nasi jagung campur kacang merah ini juga memberikan kesan kenikmatan yang tiada terhingga sampai-sampai tidak mau berbagi kepada yang lainnya.

Jagung merupakan kekuatan juga stamina yang bergizi bagi masyarakat di pulau Kisar bahkan bagi masyarakat Kisar yang merantau demi hidup, mereka sering meminta kepada keluarga atau sanak saudara mereka untuk mengirimkan jagung halus kepada mereka dinegeri perantauan untuk mereka campur dengan beras untuk dimasak dan ciri khas ini dipertahankan sampai saat ini.  (Ica Lewelipa).   * N.R*

 

IMG_3224
                         Jagung Rebus Buah
IMG_3225
              Nasi Jagung Campur Kacang Merah.
20161229_083821
Biasanya  di bilang Silpau, ini merupakan lauk yang sangat enak ketika di nikmat bersam dangan jagung Rebus. dan Nasi jagung mau pun Nasi beras, ketika musin pancaroba dan tiadak ada ikan ini merupakan penganti ikan.
IMG_3223
 Jagung Rebus Campur,Kacang-Kacangan Saatnya di Nikmati. 
Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan